Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

Perbedaan Fakta dan Opini yang Terlihat Jelas

Perbedaan Fakta dan Opini - Tentunya banyak di antara kita yang pasti pernah mendengar kata fakta dan opini bukan? Apa sih sebenarnya fakta dan opini ini dan apa perbedaan fakta dan opini mungkin menjadi pertanyaan Anda. Pada kesempatan ini, bagi Anda yang penasaran dengan hal ini akan kita bahasulas bersama mengenai fakta dan juga opini. Padahal seharusnya Anda sudah tahu karena hal ini tentu sudah Anda pelajari ketika Anda masih sekolah dahulu bukan? Namun tidak apa, mari kita lihat kembali apa itu fakta dan opini dan bagaimana perbedaannya. Perhatikan dan mengerti baik-baik agar Anda mengetahui dengan jelas apa itu fakta dan opini beserta perbedaannya dan tidak lupa lagi.

Pertama yang akan kita bahas yaitu pengertian fakta dan opini. Kita mulai dari pengertian fakta terlebih dulu. Fakta adalah suatu kejadian maupun keadaan yang benar adanya bukan dibuat-buat atau mitos dan pernah dilihat oleh seseorang yang sudah melakukan pengujian dan pembuktian di depan umum. Sedangkan Opini yaitu suatu inspirasi, pikiran, maupun pendapat yang lebih bersifat subjektif dan belum disahkan kebenarannya. Jadi, fakta merupakan suatu hal yang nyata dan tidak dibuat-buat sedangkan opini adalah suatu pendapat akan sesuatu.

Setelah mengetahui pengertian dari apakah itu fakta dan opini, sekarang mari kita cari tahu bagaimana perbedaan di antara keduanya. Atau, mungkin Anda sudah bisa mengambil perbedaan fakta dan opini setelah mengetahui pengertiannya tadi? Jika ada yang belum paham akan perbedaan keduanya, kita lihat ciri-ciri fakta dan opini agar Anda lebih mudah untuk membedakannya. Berikut adalah ciri fakta dan opini yang akan kami paparkan untuk Anda.

1. Ciri-ciri fakta yakni sebagai berikut :
  • Bersifat objektif dan kebenarannya sudah teruji atau sudah dibuktikan dihadapan khalayak umum.
  • Sebagai pendukung kebenarannya terdapat data yang akurat.
  • Suatu kenyataan yang sudah dilihat dan diuji oleh manusia.
2. Ciri-ciri Opini yakni sebagai berikut :
  • Bersifat subjektif dan belum terbukti dan teruji kebenarannya.
  • Tidak memiliki data akurat untuk mendukung kebenarannya.
  • Suatu hal yang belum terjadi atau dilakukan karena masih bersifat pendapat.
Bagaimana? Apakah sekarang ini Anda sudah paham mengenai perbedaan fakta dan opini? Jika masih belum memahaminya, kami akan berusaha untuk membuat Anda lebih paham. Untuk membedakan fakta dan opini dalam suatu kalimat, Anda bisa melihat ciri-ciri yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kalimat fakta tentunya bersifat objektif dan memiliki data akurat dengan adanya bukti. Sedangkan Opini adalah suatu pendapat dan biasanya dalam kalimat-kalimatnya mengandung kata, “menurut saya”, “mungkin”, “boleh jadi”, “sebaiknya”, dan lain sebagainya. Jadi dalam kalimat opini pasti menunjukkan suatu kalimat yang mengindikasikan bahwa kalimat tersebut masih berupa pendapat dan belum terbukti kebenarannya.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan fakta dan opini. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: