Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

Perbedaan Internet dan Intranet Dalam Mengakses Data

Perbedaan Internet dan Intranet - Perkembangan teknologi saat ini membuat kehidupan kita menjadi lebih cepat dan saling terhubung satu dengan lainnya dengan lebih cepat. Hal itu tidak lain dan tidak bukan dari peran internet yang memiliki banyak jasa dalam kehidupan manusia modern saat ini. Akan tetapi selain internet pernahkah Anda mendengar mengenai intranet? Bagi Anda yang karyawan kantor pasti sudah mengetahui akan intranet yang merupakan salah satu fasilitas dari kantor. Namun tahukan Anda perbedaan dari internet dan intranet? Artikel kami berikut ini akan membahas mengenai perbedaan keduanya.

Antara internet dan intranet memiliki kesamaan dalam menghubungkan antara satu orang dengan orang lain dengan lebih cepat dan lebih mudah. Akan tetapi, keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, kami akan membahas secara sederhana mengenai perbedaan antara internet dan intranet. Berikut beberapa perbedaan keduanya, diantaranya yaitu :

1. Perbedaan dari pengertian
Dari pengertian antara internet dengan intranet memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apabila internet mampu menghubungkan jaringan internet ke seluruh computer didunia, maka berbeda dengan intranet yang memiliki asal kata intra yang berarti didalam serta net yang berarti jaringan. Jadi intranet adalah suatu jaringan yang terdapat didalam suatu ruangan, apakah ruangan rumah, ruangan kantor atau ruangan sekolah.

2. Perbedaan yang paling mencolok antara internet dengan intranet
Yaitu pada internet jaringannya memiliki sifat public atau untuk umum. Sehingga lebih mudah dibuka oleh orang banyak dengan lebih mudah baik oleh siapa saja, dimana saja serta kapanpun. Dan dalam pencarian informasi penggunaan internet memiliki kemampuan tidak terbatas, Anda bisa mengakses informasi apa pun dengan bebas.

3. Sedangkan pada intranet adalah kebalikan dari internet
Jika internet bersifat umum, maka intranet sifatnya lebih ke pribadi, contohnya yaitu milik perusahaan, milik sekolah, milik rumah dan lain sebagainya. Untuk mengakses intranet juga tidak sebebas pada internet, ada keterbatasan akses data yang hanya dimiliki oleh yang berwenang atau yang memiliki otoritas.

4. Intranet biasanya dimiliki oleh perusahaan
Biasanya intranet ini hanya dimiliki oleh perusahaan sebagai fasilitas karyawannya agar kinerja lebih cepat dan tepat dengan adanya akses data yang diberikan oleh perusahaan.

Perkembangan zaman sekarang membuat ruang dan waktu tidak lagi memiliki batas, terlihat adanya dengan internet dan intranet kita bisa berhubungan secara social tanpa harus bertatap muka. Atau kita bisa mencari informasi mengenai apapun hanya dengan menggunakan kata kunci yang tepat. Akan tetapi, perlu suatu jiwa yang bijak dalam menggunakan internet maupun intranet. Carilah informasi yang bermanfaat dan gunakan fasilitas perusahaan dengan bijak dan teliti.

Sekian yang bisa disampaikan mengenai perbedaan internet dan intranet yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat yang lebih baik bagi kita semua. Terima kasih.

Share this: