Apa Sih Perbedaan Tumor dan Kanker?

Perbedaan Tumor dan Kanker - Apakah Anda tahu perbedaan tumor dan kanker? Masyarakat sering kesulitan dalam membedakan antara tumor dan kanker, walau sebenarnya keduanya memiliki ciri masing-masing dan tidak sama. Pengertiannya, tumor adalah tumbuhnya jaringan secara terus-menerus dan terlalu berlebih, sedangkan kanker adalah tumbuhnya jaringan yang tidak normal dan tidak teratasi dan memiliki sifat merusak organ-organ di sekelilingnya. Berdasarkan pengertiannya, kanker lebih berbahaya dibandingkan dengan tumor. Akan tetapi tergantung juga dengan tumor tersebut, apakah jinak atau ganas.

Perbedaan tumor dan kanker secara mendasar bisa di ketahui berdasarkan tanda-tanda berikut ini :

Tumor
Tumor bisa berupa benjolan dan terdapat selaput yang menyelimutinya dan perkembangan tumor ini cenderung lambat, membutuhkan proses bertahun-tahun baru bisa di ketahui pertumbuhannya dan baru bisa dirasakan. Tumor hanya tumbuh di jaringan tertentu saja sehingga tidak bisa menyebar ke jaringan lain ataupun organ lain. Sel tumor juga tumbuh dalam bentuk sama dengan aslinya dan ketika semakin lama semakin besar tidak bersifat merusak jaringan di sekelilingnya.

Kanker
Pada intinya kanker merupakan tumor yang ganas. Sel-sel kanker tumbuh dengan cepat dan tidak sama dengan sel asalnya. Perkembangan sel kanker yang tidak normal tidak dibarengi dengan selaput yang menyelimutinya. Sel kanker yang tumbuh sangat berbahaya karena ketika semakin membesar maka bisa mengakibatkan kerusakan jaringan lain yang ada di sekelilingnya. Sel kanker juga dapat terlepas dari tempat tumbuhnya dan menyebar ke organ-organ lain.

Perbedaan tumor dan kanker mendasar itulah yang perlu di ketahui oleh masyarakat luas agar masyarakat tidak menyalah artikan dan salah konsep tentang tumor dan kanker. Tumor yang jinak tidak berbahaya selama di ketahui sejak dini dan dilakukan penanganan dengan benar. Tumor yang jinak tidak berkembang dan bisa segera dioperasi, kemudian tumor dinyatakan sembuh. Di ketahuinya bahwa tumor ini jinak atau ganas yaitu melalui pengecekan biopsi sehingga seseorang tidak menyimpulkan sendiri tentang apa yang dideritanya. Tindakan medis yang tepat menjadi pertolongan yang tepat juga. Lalu pada kanker, tindakan kurang pada operasi saja. Operasi pada kanker adalah rangkaian langkah untuk mengangkat benjolan yang bisa dilihat.

Kemudian, masih terdapat tahap-tahap lainnya seperti kemoterapi, radiasi, dan beberapa langkah perawatan selanjutnya. Kanker yang banyak menjangkit masyarakat Indonesia yaitu kanker serviks dan kanker payudara. Kanker ini yaitu ancaman yang selalu menjadi perhatian pemerintah karena sangat rawan diderita oleh wanita di Indonesia ataupun di seluruh dunia. Oleh karena itu, untuk mencegah ataupun mendeteksi kanker payudara sejak dini diinginkan semua wanita bisa bertindak sadari atau mengecek payudara sendiri dengan cara merabanya. Benjolan kanker akan terasa keras dan padat ketika diraba. Lain halnya yakni dengan benjolan tumor yang cenderung lebih lunak.

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan Tumor dan Kanker semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.