Laman

Selasa, 08 Desember 2015

Perbedaan TV LCD dan LED Dilihat dari Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan TV LCD dan LED - Menonton televisi sekarang begitu dimudahkan, karena semakin hari perkembangan teknologi di bagian pertelevisian semakin meningkat. Dari yang dulu televisi hanya bisaditonton secara hitam putih, perkembangan terbaru saat ini adalah televisi LCD dan LED. Terdapat perbedaan TV LCD dan LED yang bisa Anda jadikan pedoman tentang jenis TV apa yang akan Anda beli kedepannya. LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display, yakni TV LCD memiliki kristal cair yang ada di antara panel layar televisi. Kristal cair tersebut akan aktif jika terdapat arus listrik.
TV LCD dalam bekerjanya menggunakan lampu CCFL (Cold Cathoda Fluorescent Lamps) . Cara kerja dari TV LED yaitu dengan produksi gambar hitam dan gambar-gambar yang berwarna dengan pancaran lampu CCFL pada belakang layar. Lalu cahaya-cahaya tersebut dinyalakan atau dimatikan oleh LCD shutter yang melewati cahaya putih. Lalu lanjut pada TV LED cara kerjanya yaitu dari kristal platform cair yang sama tetapi berasal dari pemancar cahaya untuk mendukung pencahayaan pada jenis televisi ini. LED TV merupakan inovasi baru dari LCD TV tetapi cahaya flurescent digantikan dengan LED.

Untuk TV LED sendiri terdapat dua jenis, yakni RGB LED dan EDGE LED. Perbedaannya yakni pada penempatan LED, jika pada REGB LED ditempatkan di belakang panel layar, sedangkan pada EDGE LED ditempatkan disekeliling layar. Perbedaan TV LCD dan LED juga dipandang dari kelebihan masing-masing, sehingga apa sebagai kebutuhan Anda bisa Anda sesuaikan dengan kelebihan yang dimiliki oleh LCD TV ataupun LED TV. Kelebihan masing-masing jenis TV tersebut yakni :

LCD TV

LCD TV mampu menghasilkan warna yang baik dan realistis dan gambar yang dihasilkan tidak terdapat bayangan. Ukuran warna ataupun gambar lengkap dari yang kecil sampai dengan besar. Hal positif dari TV ini yaitu layarnya yang bisa dijadikan sebagai layar komputer dan tidak terdapat radiasi yang dipancarkan.

LED TV
Sebagai produk yang lebih baru, LED TV memiliki kelebihan yang semakin banyak dibanding dengan LCD TV. Pemakaian LED TV memerlukan listrik yang lebih rendah, hal semacam ini pastinya merupakan sebagai perkembangan yang lebih baru didunia pertelevisian. LED TV memiliki tingkat kontras yang lebih tinggi dari pada LED TV. LED TV bisa di produksi dengan layar yang tipis sampai hanya 2, 5 cm saja. Variasi dari LED TV ada yang dilengkapi dengan TV tuner, gambar-gambar digital, dan variasi lainnya.

Selain kelebihan-kelebihan yang dimiliki terdapat juga kelemahan masing-masing jenis TV tersebut sebagai perbedaan TV LCD dan LED. LED TV akan mengalami penurunan kualitas gambar jika dilihat pada pojok pandang yang lebih lebar. Terkadang gambar yang dihasilkan dapat juga kabur karena refresh rate dan response time yang rendah. Lalu kekurangan dari LED TV yaitu harganya yang cukup mahal dibandingkan jenis-jenis TV lainnya. Tetapi harga mahal tersebut sesungguhnya sudah sesuai dengan fitur-fitur LED TV sebagai televisi type terbaru. 
Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan TV LCD dan LED semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua

Share this: