Inilah Perbedaan Simpati dan Empati Dalam Kehidupan Sosial

Perbedaan Simpati dan Empati - Tentunya kebanyakan orang sering berfikir bahwa simpati dan empati merupakan hal yang sama. Walau sebenarnya perbedaan simpati dan empati dilihat dari pengertiannya saja sudah sangat berbeda. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa simpati dan empati adalah suatu kata yang memiliki arti yang berbeda. Simpati dan empati biasanya digunakan sebagai tindakan kepedulian terhadap seseorang yang kehidupannya atau kondisinya sangat miris. Nah, untuk mengetahui lebih jauh apakah itu simpati dan apakah itu empati, simak penjelasan dibawah ini.
Sikap yang didasari dengan rasa tulus dan ikhlas serta tindakannya baik, akan menimbulkan hubungan yang serasi antara bapak, ibu, anak, atasan, bawahan, rakyat ataupun pemerintah. Sehingga terwujud suatu hubungan yang serasi, sekaligus menguntungkan bagi semua elemen masyarakat. Terwujudnya suatu hubungan yang serasi tersebut, pastinya tidak terlepas dari rasa simpati ataupun empati dari setiap individu, memang perasaan tersebut secara sadar ataupun tidak sadar timbul akibat perasaan dari dalam individu sendiri.

Perbedaan simpati dan empati memang tidak jauh berbeda sehingga bagi Anda yang masih bingung, berikut akan di uraikan secara jelas. Ingat, simak baik-baik agar Anda bisa langsung menemukan titik pembeda di antara kedua hal tersebut .

Simpati
Simpati ialah suatu proses ketika seseorang memiliki perasaan tertarik terhadap pihak lain, dengan demikian bisa merasakan apa yang sedang dialami, diperbuat dan diderita oleh orang itu. Simpati yang paling tampak adalah perasaan, perasaan memegang peranan utama dalam hal simpati. Simpati bisa diamati ketika dalam hubungan persahabatan, bertetangga atau pekerjaan atasan dengan bawahan. Seseorang merasakan simpati dengan orang lain, biasanya karena sikap, tampilan atau perbuatannya. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa simpati adalah perasaan yang timbul akibat perbuatan yang dilakukan orang lain yang baik, benar atau kehidupan yang memprihatinkan.

Empati
Empati hampir serupa dengan perasaan simpati, namun empati bukan hanya perasaan saja yang timbul walau demikian diikuti perasaan organisme dari dalam tubuh yang sangat dalam. Contohnya, apabila teman kita orang tuanya meninggal, kita juga pasti merasakan kehilangan. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa empati adalah suatu tindakan yang dilakukan kepada orang lain dengan menggunakan cara pikir yang tepat sehingga menurut orang lain tindakan tersebut tindakan yang baik dan benar.

Dan itulah beberapa penjelasan perbedaan kedua hal yang sering salah disampaikan atau dilakukan. Bagi Anda yang membacanya secara cermat dan dipahami maka akan langsung menemukan titik dari perbedaan antara simpati dan empati. Jelas sekali bahwa simpati dan empati adalah sesuatu perasaan yang hampir serupa. Namun, perbedaan simpati dan empati hanya terdapat pada skala perasaan kepada orang lain yang timbul dari diri setiap individu, serta mengalir dengan sendirinya akibat perbuatan orang lain. Pada simpati, perlakuan orang kepada sesama bisa memberikan perhatian lebih tanpa bisa memberikan alasan apa pun namun pada empati perlakuan orang kepada sesama memberikan perhatian dibarengi alasan tertentu.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan simpati dan empati, semoga artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan Anda dalam ilmu sosial dan lain sebagainya sehingga Anda mengetahui lebih detil simpati dan empati. Terima Kasih.