Ketahuilah Perbedaan Ideologi Terbuka dan Tertutup

Perbedaan Ideologi Terbuka dan Tertutup - Akhir-akhir ini sering sekali terdengar perdebatan mengenai ideologi, ada yang berpaham ideologi terbuka dan ada juga yang berpahamkan ideologi tertutup. Apabila kedua ideologi ini bertemu, tidak jarang mereka saling berdebat dan pada akhirnya menjadi suatu konflik yang berkepanjangan. Namun, tahukah anda perbedaan dari ideologi terbuka dan tertutup sehingga sering menjadi bahan perdebatan panjang antara kedua belah pihak dengan menggunakan beberapa alasan rasional menurut mereka masing-masing. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa perbedaan dari kedua ideologi tersebut . Sehingga anda akan lebih memahami permasalahan yang terjadi apabila dihadapkan pada debat kedua ideologi tersebut.

Berikut beberapa perbedaan antara ideologi terbuka dengan ideologi tertutup yang terlihat dari beberapa poin tertentu. Pertama sekali kita akan membahas mengenai ideologi terbuka, diantaranya yaitu :
  1. Menurut pengertiannya sebuah ideologi terbuka adalah ideologi yang tidak mutlak dan bisa berkembang secara terus menerus.
  2. Ideologi terbuka adalah sebuah kekayaan rohani ataupun kekayaan moral serta budaya dari sebuah masyarakat. Ideologi terbuka ini adalah sebuah kesepakatan bersama antara masyarakat.
  3. Ideologi terbuka ini ditemukan dan diciptakan oleh masyarakat alih-alih negara. Dan ideologi ini merupakan milik masyarakat dan terdapat dalam setiap inchi kehidupan masyarakat.
  4. Isinya yang bersifat tidak operasional yang memungkinkan generasi selanjutnya untuk mampu menggali falsafah masyarakat dan mengimplementasikan pada situasi dan kondisi sesuai dengan generasi tersebut .
  5. Selalu menginspirasi masyarakat untuk bertanggung jawab alih-alih membatasi akan ruang gerak atau kebebasan dari tanggung jawab masyarakat.
  6. Ideologi terbuka ini menghargai perbedaan atau pluralitas sehingga mampu diterima oleh masyarakat manapun dari budaya manapun dan agama apapun.
Sedangkan ideologi tertutup adalah kebalikan dari ideologi terbuka. Berikut akan kami bahas mengenai ideologi tertutup, yakni :
  1. Dari pengertiannya ideologi tertutup adalah sebuah ideologi yang sifatnya yaitu mutlak.
  2. Ditemukan oleh sekelompok tertentu yang memiliki sebuah cita-cita untuk merubah tatanan kehidupan masyarakat sesuai dengan ideologi mereka.
  3. Lebih bersifat memaksakan ideologi mereka masuk dalam tatanan kehidupan masyarakat, terlebih jika kelompok tersebut menguasai sebuah negara atau daerah.
  4. Mencakup beberapa bidang kehidupan yang dirasa mampu mengubah perilaku masyarakat seperti bidang informasi dan pendidikan.
  5. Tidak menggunakan istilah pluralism atau perbedaan serta hak asasi masyarakat serasa terbatasi.
  6. Ideologi tertutup lebih cenderung akan memaksakan masyarakat untuk tunduk dan taat serta setia terhadap ideologi tersebut dan total dalam mempertahankannya.
  7. Ideologi ini bukan hanya memiliki sebuah cita-cita namun lebih dari itu memiliki sebuah tuntutan yang konkrit akan bersifat keras, total serta mutlak.
Itulah beberapa perbedaan ideologi terbuka dan tertutup yang bisa kita pahami. Sebaiknya kita untuk selalu berpikiran terbuka namun tetap pada aturan dan norma yang menjadi cirri dan jati diri kita. Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan ideologi terbuka dan tertutup. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.