Penjelasan Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Beserta Contohnya

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan - Tahukah Anda apa saja perbedaan kebutuhan dan keinginan? Kedua istilah ini memiliki arti yang sangat berbeda. Meskipun sering diucapkan, namun tidak banyak orang yang memahami mengenai arti yang sebenarnya dari kebutuhan dan juga keinginan. Bahkan ada sebagian orang yang berasumsi bahwa kebutuhan dan keinginan adalah hal yang sama. Kenyataannya, kebutuhan dan juga keinginan merupakan 2 istilah yang mengacu pada hal yang sangat berbeda.

Untuk penjelasan lebih jelasnya, Anda bisa menyimak uraian mengenai kebutuhan dan keinginan berikut ini. :

Kebutuhan
Kebutuhan adalah salah satu dari aspek psikologis setiap manusia yang menggerakkannya dalam melakukan beragam aktivitas. Kebutuhan ini dapat menjadi dasar atau alasan atau faktor untuk melakukan usaha. Sebagai contoh, untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap orang harus bekerja. Bekerja (melakukan usaha) akan mendapatkan imbalan (gaji atau uang) yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh dari kebutuhan sehari-hari yaitu makanan dan minuman, setiap orang memerlukan makan dan minum untuk bertahan hidup. Atau bisa dikatakan, pemenuhan kebutuhan ini sangat penting dilakukan demi mendapatkan kesejahteraan.

Dengan kata lain, jika kebutuhan tidak bisa dipenuhi dengan baik maka hidup orang tersebut tidak maupun kurang sejahtera. Selain makan dan minum, ada banyak lagi contoh lainnya tentang kebutuhan. Contoh lainnya yakni rumah, rumah adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang demi melindungi tubuh dari beragam bahaya. Baik dari panas, hujan maupun dari serangan lainnya, rumah merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi. Kebutuhan sendiri di pengaruhi oleh kebudayaan, semakin tinggi tingkat kebudayaan masyarakat tersebut maka semakin banyak juga kebutuhannya.

Keinginan
Keinginan sendiri adalah tambahan atas pemenuhan kebutuhan, sesuai yang diharapkan. Misalnya saja untuk makan dan minum, keduanya adalah kebutuhan yang harus dipenuhi. Makan dan minum akan dianggap kebutuhan apabila makanan dan minuman yang dikonsumsi apa adanya. Dengan kata lain, apa pun makanan dan minuman yang ada akan tetap dikonsumsi. Namun jika Anda memiliki harapan untuk makan dan minum yang lebih maka itu disebut sebagai keinginan. Contoh, Anda ingin makan nasi, ayam goreng, pizza dan lain sebagainya merupakan suatu keinginan.

Keinginan bukanlah sesuatu hal yang mendesak, jika tidak terpenuhi maka tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup Anda. Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan yakni pada terlihat pada fungsinya. Dari penjelasan tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa makan merupakan kebutuhan namun makan dengan rasa enak merupakan keinginan. Rumah merupakan kebutuhan sedangkan rumah yang bagus merupakan keinginan. Contoh lainnya yakni berpakaian adalah kebutuhan, namun berpakaian yang bagus dan mahal merupakan keinginan. Setelah membaca penjelasan ini, Anda pastinya sudah tidak bingung lagi mengenai kebutuhan dan juga keinginan.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan kebutuhan dan keinginan beserta contohnya yang bisa disampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.