Perbedaan Barang dan Jasa Berdasarkan Pengertian dan Ciri-Cirinya

Perbedaan Barang dan Jasa - Pada kesempatan kali ini akan disampaikan informasi mengenai perbedaan barang dan jasa. Perbedaan barang dan jasa sebenarnya sudah jelas berbeda satu sama lain. Barang dan jasa memang tidak pernah bisa dipisahkan satu sama lain dalam kegiatan perekonomian kita. Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya terlebih dulu kita harus mengerti apa makna kedua hal tersebut. Apa yang dimaksud barang? Barang merupakan suatu produk fisik secara terlihat atau berwujud sehingga bisa diberikan kepada pihak pembeli, sehingga bisa dipindah tangankan dari pihak penjual ke pihak pembeli. Barang sendiri memiliki ciri-ciri, seperti berwujud, bermanfaat dan bernilai. Sehingga manfaat dari barang ini bisa dirasakan ketika digunakan. Jika digunakan, maka benda, manfaat dan nilainya bisa berkurang bahkan juga bisa habis.

Barang sendiri bisa diperoleh baik secara bebas ataupun ekonomi. Hal ini juga menjadikannya dikategorikan ke dalam jenis barang ekonomi dan barang bebas. Dimana barang ekonomi merupakan suatu barang yang bisa diperoleh berdasarkan hasil pengorbanan, berupa minuman ataupun makanan yang membutuhkan uang ketika hendak membelinya. Sedangkan barang bebas yakni barang yang bisa diperoleh tanpa adanya pengorbanan, seperti udara dan cahaya matahari. Sedangkan berdasarkan kegunaannya sendiri, barang dikategorikan menjadi barang konsumsi dan barang produksi. Barang konsumsi ini adalah barang yang bisa langsung dipakai dan juga dikonsumsi pembelinya, seperti pakaian jadi. Barang produksi adalah barang yang baru bisa digunakan ketika sudah melalui proses produksi selanjutnya, contohnya kain untuk pakaian.

Disamping itu, jasa sendiri adalah setiap aktivitas atau pekerjaan jasa yang di tawarkan dari suatu pihak ke pihak yang lain berdasarkan prinsip intangibel. Jasa sendiri tidak menimbulkan perpindahan atas kepemilikan apa pun. Hasil produksinya sendiri bisa tidak terikat dalam produk fisik maupun bisa terikat dalam produk fisik.

Sehingga bisa kita simpulkan perbedaan barang dan jasa berikut ini :
  • Barang tentunya bisa dipegang karena berwujud, berbeda halnya dengan jasa yang tak bisa kita lihat bentuk fisiknya juga tak bisa dipegang. Sehingga saat sebuah pabrik pakaian menemukan adanya cacat dalam produknya, maka mereka bisa lebih mudah untuk mengamati pakaian tersebut lalu menemukan pemecahan masalahnya. Berbeda dengan jasa, ketika pelanggan suatu karyawan salon mendapatkan keluhan dari pelanggannya, maka manajemen pihak salon tersebut tak bisa secara langsung menemukan penyebab keluhan tadi. Sehingga harus melakukan pengamatan saat transaksi jasa salon yang diberikan pegawai salon.
  • Jasa sendiri tentunya lebih memudahkan banyaknya interaksi diantara pihak penyedia jasa dengan pihak customer atau pelanggannya. Beda halnya dengan benda atau barang, karena saat kita membeli suatu pakaian atau makanan, maka kita tidak mengetahui siapa saja orang yang sudah membuat produk tersebut .
  • Secara tidak langsung, jasa sendiri mengharuskan adanya keterlibatan pelanggan pada produksi jasa tersebut . Seperti jasa potong rambut, maka memungkinkan pelanggan untuk terlibat langsung saat proses pemotongan rambut itu. Berbeda halnya dengan ketika kita membeli suatu alat elektronik, maka kita cukup membeli dari internet sehingga tidak harus terlibat langsung pada proses produksi alat elektronik tersebut .
Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan barang dan jasa. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.