Perbedaan Candi Hindu dan Budha yang Mudah untuk Anda Pahami

Perbedaan Candi Hindu dan Budha - Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tidak mengetahui perbedaan Candi Hindu dan Budha? Jika iya, maka simak penjelasan berikut yang akan membagikan informasi mengenai perbedaan dari Candi Hindu dan juga Candi Budha. Candi merupakan salah satu bangunan peninggalan sejarah yang saling berkaitan erat dengan budaya, peradaban dan juga agama pada masa itu. Indonesia memiliki banyak candi yang tersebar di berbagai daerah. Candi-candi tersebut terbagi atas 2 kelompok berdasarkan keagamaannya, di antaranya yakni Candi Hindu dan juga Candi Budha.

Kedua candi ini ternyata bukan hanya berbeda dari sisi keagamaannya saja tetapi juga memiliki perbedaan lainnya. Bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan antara Candi Hindu dan Candi Budha, ini dia perbedaannya yang bisa Anda ketahui :

Bagian-bagiannya
Candi Hindu dan Candi Budha masing-masing terdiri dari 3 bagian. Untuk Candi Hindu, bagian-bagiannya diantaranya yakni Bhuloka yang merupakan simbol kehidupan didunia, Bhurvaloka sebagai simbol penantian dan juga Svarloka yang berarti kehidupan para dewa. Sedangkan Candi Budha sendiri terdiri dari Kamadhatu yang merupakan simbol dari perjalanan hidup manusia. Kemudian Rupadhatu yang merupakan gambar dari hawa nafsu manusia dan juga Arupadhatu yakni kehidupan manusia yang sudah meninggal.

Bentuk
Jika dilihat dari bentuknya, Candi Hindu dan Candi Budha memiliki perbedaan yang sangat terlihat jelas. Candi Hindu memiliki bentuk yang biasanya tinggi dan menjulang, sedangkan Candi Budha memiliki bentuk yang lebih datar.

Stupa
Jika Anda berkunjung ke Candi Hindu, Anda tidak akan menemukan stupa. Begitu pula sebaliknya, Anda akan menemukan stupa jika berkunjung ke Candi Budha.

Arca
Untuk Candi Hindu, arca yang digunakan yakni patung Dewa Trimurti (Brahma, Wisnu, Siwa, Durgamashisaramardini, Ganesha dan Agastya). Sedangkan arca yang digunakan untuk Candi Budha yakni kelompok Dyani Budha dan juga Dyani Bodhisatwa.

Fungsi
Jika dilihat dari fungsinya, Candi Hindu sering digunakan sebagai tempat untuk memakamkan raja, menyimpan dan juga pembakaran jenazah. Sedangkan fungsi dari Candi Budha sendiri yakni hanya digunakan untuk memuja dewa-dewa saja.

Penggambaran Cerita
Candi Hindu biasanya menggunakan relief untuk penggambaran cerita dari Ramayana dan juga Krisnayana. Sedangkan Candi Budha menampilkan Lelitavistara dan juga Avadana atau Jataka.

Itulah beberapa perbedaan yang cukup jelas terlihat untuk Candi Hindu dan Candi Budha. Setelah membaca penjelasan tersebut pastinya Anda akan lebih mudah mengetahui apakah candi yang Anda lihat yaitu Candi Budha atau Candi Hindu. Contoh dari Candi Hindu yang ada di Indonesia diantaranya yakni Candi Prambanan, Candi Cangkuang, Candi Panataran, Candi Gedong Songo dan Candi Dieng. Sedangkan contoh Candi Budha diantaranya yakni Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Jago, Candi Sewu dan Candi Sanggrahan.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan Candi Hindu dan Budha ini bisa membantu Anda dalam membedakan candi menurut keagamaan. Terima kasih.