Perbedaan Save dan Save As Pada System Komputer

Perbedaan Save dan Save As - Apakah Anda sudah mengetahui perbedaan Save dan Save As pada software saat mengoperasikan komputer? Mungkin kita sudah sering menerapkannya, akan tetapi belum mengetahui apa makna dan maksudnya. Ketika kita sedang membuat dokumen Microsoft Word, Correl Draw ataupun program lainnya dalam komputer kita bisa menemukan pilihan menu Save dan Save As.
Jika dilihat dari fungsinya, pastinya kita bisa tahu apabila menu tersebut adalah pilihan untuk menyimpan dokumen yang kita buat. Namun Apakah Anda juga sudah mengetahui secara pengertian dari menu Save As dan Save tersebut? Jika belum, mari kita ulas satu persatu dan mencari perbedaannya supaya kelak tidak salah pilih Save atau Save As pada saat mengoperasikan software.

Pengertian Save Pada Program Komputer
Berdasarkan ilmu komputer, menu Save adalah pilihan menyimpan dokumen atau file yang sudah tersimpan sebelumnya. Contohnya kita pernah menyimpan file office dengan nama file “LAPORAN” lalu beberapa hari kemudian kita membuka file tersebut dan memberikan data maka ketika kita akan menyimpan cukup hanya dengan mengklik menu Save tersebut. Pada Saat Anda menjalankan program pertama kali lalu menyimpannya, Anda bebas memilih Save atau Save As untuk menyimpannya. Dengan demikian, untuk jenis file baru perbedaan Save dan Save As sesungguhnya tidak terlalu berpengaruh. Pertama kalinya ini Anda disarankan untuk sering menyimpan file supaya tidak hilang, karena mungkin saja komputer mengalami hang atau mati karena arus listrik putus.

Pengertian Save As Pada Program Komputer
Apabila pada menu Save merupakan pilihan menyimpan pada file yang sudah pernah di buka, maka untuk menu Save As adalah kebalikan dari Save. Ketika Anda membuka program dan mengawali membuat dokumen maka ketika Anda akan menyimpan data pilihan menu yang muncul yaitu menu Save As. Pilihan Save As inilah yang mewajibkan Anda mengisi nama file dengan nama yang sesuai keinginan Anda, lalu klik OK untuk menyimpan. Anda harus mengingat-ingat nama file yang Ada simpan supaya Anda mudah membuka kembali ketika Anda akan memberikan data atau file lama Anda. Save As dapat juga digunakan untuk menyimpan data lama lalu dinamakan file baru.

Dari pengertian di atas, kita bisa mengetahui perbedaan kedua pilihan menu tersebut dipandang dari fungsi dan cara kerja Save dengan Save As. Secara garis besar perbedaannya yaitu Save adalah pilihan menyimpan file atau dokumen pada suatu file yang sudah tersimpan, sedangkan Save As adalah pilihan menyimpan pada lembar kerja dokumen baru.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan Save dan Save As, untuk cara memilih Save dan Save cukup mudah sekali, klik menu utama maka akan muncul pilih Save atau Save As. Anda dapat juga menggunakan jalan pintas pada keyboard dengan tombol Ctrl + S. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima Kasih.