Mata Pelajaran/SK : Membuat Busana Wanita
Kelas/Semester : X / SatuPertemuan ke : 1 s/d 6
Alokasi Waktu : 6 x 4 Jam Pelajaran @ 45 menit
Kompetensi Dasar : 3.1. Membuat uji coba kampuh, rompok,
depun dan serip
Indikator :
1. Alat dan bahan disiapkan sesuai kebutuhan
2. Bahan dipotong sesuai pola yang telah dibuat
3. Uji coba kampuh, rompok, depun, serip dijahit dengan rapi
4. Pengepresan dilakukan dengan rapi
5. Penyelesaian dikerjakan dengan jahit tangan
I. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
1. Siswa dapat menyiapkan alat untuk membuat uji coba
2. Siswa dapat menyiapkan bahan untuk membuat uji coba
Pertemuan 2 :
1. Siswa dapat meletakkan pola pada bahan
2. Siswa dapat menggunting bahan sesuai pola
3. Siswa dapat memberi tanda pola pada bahan
Pertemuan 3 :
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian kampuh
2. Siswa dapat menjelaskan tertib kerja menjahit uji coba kampuh
3. Siswa dapat menjahit uji coba kampuh
Pertemuan 4 :
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian rompok, depun dan serip
2. Siswa dapat menjelaskan tertib kerja menjahit rompok, depun dan serip
3. Siswa dapat menjahit uji coba rompok, depun dan serip
Pertemuan 5 :
1. Siswa dapat menyiapkan alat untuk mengepres
2. Siswa dapat mengepres uji coba
Pertemuan 6 :
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian kelim
2. Siswa dapat menjahit kelim
II. Materi Ajar
Pertemuan 1
1. Macam-macam alat untuk membuat uji coba
2. Bahan untuk membuat uji coba
Pertemuan 2
1. Tehnik meletakkan pola pada bahan
2. Tehnik menggunting bahan
3. Tehnik memberi tanda pola pada bahan
Pertemuan 3
1. Pengertian kampuh
2. Tertib kerja menjahit uji coba kampuh
3. Tehnik menjahit uji coba kampuh
Pertemuan 4
1. Pengertian rompok, depun dan serip
2. Tertib kerja menjahit rompok, depun dan serip
3. Tehnik menjahit rompok, depun dan serip
Pertemuan 5
1. Alat untuk mengepres uji coba
2. Tehnik mengepres uji coba
Pertemuan 6
1. Pengertian kelim
2. Tehnik menjahit kelim
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Demontrasi
4. Praktek / Pemberian Tugas
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Sebutkan alat-alat untuk menjahit!
- Motivasi :
Siswa diajak untuk mengamati macam-macam alat untuk menjahit
2. Kegiatan Inti
- Memberikan penjelasan tentang alat-alat untuk menjahit
- Memberikan penjelasan tentang bahan untuk menjahit uji coba
- Mendemontrasikan cara mengoperasikan mesin jahit manual
- Siswa mencoba mengoperasika mesin jahit manual secara bergantian
3. Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan penjelasan tugas minggu berikutnya yaitu menggunting bahan uji coba
- Siswa melaksanakan piket kelas sesuai dengan jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
Pertemuan 2
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Alat-alat apa saja yang dipergunakan untuk menggunting bahan !
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan tehnik meletakkan pola pada bahan
- Siswa praktek meletakkan pola pada bahan
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan tehnik menggunting bahan
- Siswa mempraktekkan menggunting bahan
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan tehnik memberi tanda pola pada bahan
3. Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan penjelasan tugas munggu berikutnya yaitu menjahit kampuh
- Siswa melaksanakan piket kelas sesuai dengan jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
Pertemuan 3
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Apakah yang dimaksud dengan kampuh ?
- Motivasi :
Siswa diajak untuk melihat contoh mcam-macam kampuh
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian kampuh
- Menjelaskan tenyang tertib kerja menjahit uji coba kampuh
- Siswa praktek menjahit uji coba kampuh
3. Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan penjelasan tugas minggu berikutnya yaitu menjahit rompok, depun dan serip
- Siswa melaksanakan piket kelas sesuai dengan jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
Pertemuan 4
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Apakah yang dimaksud dengan rompok ?
- Motivasi :
Siswa diajak untuk mengamati contoh rompok, depun dan serip
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian rompok, depun dan serip
- Menjelaskan tentang tertib kerja menjahit rompok, depun dan serip
- Siswa praktek menjahit rompok, depun dan serip
3. Kegiatan Akhir
- Siswa mengumpulkan tugas praktek
- Siswa memperhatikan penjelasan tugas minggu berikutnya yaitu mengepres uji coba kampuh, rompok, depun dan serip
- Siswa melaksanakan piket kelas sesuai jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
Pertemuan 5
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Alat apa sajakah yang dipergunakan untuk mengepres ?
- Motivasi :
Siswa diajak untuk mengamati hasil jahitan yang belum dipres dan yang sudah dipres
2. Kegiatan Inti
- Siswa menyiapkan alat untuk mengepres
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan tehnik mengepres
- Siswa praktek mengepres uji coba kampuh, rompok, depun dan serip
3. Kegiatan Akhir
- Siswa mengumpulkan tugas praktek
- Siswa memperhatikan penjelasan tugas minggu berikutnya yaitu menyelesaikan uji coba dengan jahit tangan
- Siswa melaksanakan piket kelas sesuai jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
Pertemuan 6
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Apakah yang dimaksud dengan kelim ?
- Motivasi :
Siswa diajak untuk mengamati contoh kelim
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian kelim
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan tehnik menjahit kelim
- Siswa praktek menjahit kelim
3. Kegiatan Akhir
- Siswa mengumpulkan tugas praktek
- Siswa melaksanakan post test
- Siswa memperhatikan penjelasan tugas minggu berikutnya yaitu menyiapkan bahan untuk menjahit rok
- Siswa melaksanakan piket kelas sesuai jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
V. Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Alat-Alat :
- Alat-alat tulis
- Macam-macam peralatan untuk menjahit
- Alat peraga : contoh macam-macam kampuh, rompok, depun, serip dan kelim
2. Bahan-bahan :
- Kain blacu
3. Sumber Belajar
- Bahan ajar / modul :
a. Tata Busana untuk SMK Jilid 1 dan 2 oleh Ernawati, Izwerni
b. Menjahit pakaian wanita dan anak tingkat dasar oleh Dra. Hj. Roeswoto
c. Tata Busana 1 untuk SMTK/SMKK oleh Ny. Nuraini Sutantio
VI. Penilaian
Menilai hasil praktek menjahit
No. KRITERIA PENILAIAN POIN SKOR YANG DIPEROLEH
1. Ketepatan hasil jahitan 50 ...............
2. Kerapihan hasil jahitan 40 ...............
3. Kebersihan hasil jahitan 10 ...............
TOTAL NILAI 100 ...............
Menilai hasil evaluasi
NOMOR SOAL POIN SKOR YANG DIPEROLEH
1 20
2 20
3 20
4 20
5 20
TOTAL NILAI 100
Lembar Evaluasi
Petunjuk soal :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Sebutkan macam-macam alat untuk menjahit !
2. Jelaskan pengertian kampuh !
3. Sebutkan macam-macam kampuh !
4. Jelaskan pengertian kelim !
5. Sebutkan macam-macam alat untuk mengepres !
Kunci Jawaban :
1. Macam-macam alat untuk menjahit yaitu :
Mesin jahit, jarum jahit, gunting, kumparan, palet, pendedel, bidal, rader
2. Pengertian kampuh yaitu :
Sambungan dari dua potong bahan yang diselesaikan dengan bermacam-macam tehnik
3. Macam-macam kampuh :
1) Kampuh terbuka
2) Kampuh tertutup
3) Kampuh balik
4) Kampuh pipih
4. Pengertian kelim yaitu :
Penyelesaian tepi dari bagian-bagian busana agar tepi jahitan mempunyai bentuk yang rapi
5. Macam-macam alat untuk mengepres yaitu :
Seterika, papan seterika, alat semprot, kain putih