Ciri Fisik, Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina - Mempunyai hewan peliharaan bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Salah satu hewan yang banyak dipelihara yaitu burung. Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai burung jalak yang memang cukup banyak peminatnya. Hal yang masih menjadi perbincangan para penghobi burung jalak yaitu mengenai perbedaan jalak suren jantan dan jalak suren betina, karena kedua burung ini memiliki ciri fisik yang hampir sama. Meskipun begitu, mustahil jika sama sekali tidak menemukan kunci untuk membedakan antara keduanya.

Cara mudah mengidentifikasi apakah burung tersebut termasuk jalak suren jantan atau betina yaitu ketika burung sudah berumur sedikitnya 10 bulan. Dalam hal ini burung sudah mengalami masa dewasanya dan sudah mulai muncul perbedaan yang mendasar antara yang jantan dan betina. Untuk jalan suren jantan, lihatlah apakah di sekitar dubur tumbuh bulu-bulu yang berwarna kebiruan atau ungu. Jika memang terdapat bulu-bulu warna itu, bisa di pastikan bahwa burung tersebut berjenis kelamin jantan. Ketika burung jalak suren masih sama-sama muda, tanda ini tidak akan ditemukan dan orang awam harus menunggu masanya sampai mereka dewasa atau meminta bantuan kepada ahlinya.

Selain hal tersebut, perbedaan jalak suren jantan dan betina bisa dilihat pada warna kulit yang melingkar di sekitar mata burung. Untuk burung yang jantan warnanya oranye kemerahan dan lebih cerah dan bulu putih pada pipi masih nyambung ke belakang membentuk garis putih sampai leher atas. Ciri burung yang jantan selanjutnya yakni pada warna bulu pada bagian kepala lebih hitam legam. Jika Anda perhatikan, burung yang jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan lebih panjang. Paruh, ekor, dan kaki burung jantan lebih panjang.

Walau sama-sama memiliki jambul, burung yang jantan memiliki jambul lebih panjang dan lebar dibandingkan dengan burung betina. Burung yang jantan juga lebih aktif, agresif, dan selalu ingin menyerang. Ketika berkicau mereka sering terlihat membusungkan dada.

Setelah mengetahui ciri-ciri burung jalak suren jantan, lanjut mengerti ciri-ciri yan betina sebagai cara mengidentifikasi perbedaan jalak suren jantan dan betina. Burung betina memiliki warna oranye pada wajah yang warnanya lebih pucat dibandingkan dengan jalak suren jantan serta tubuhnya lebih pendek dan bulat. Warna kepala dan punggung burung jalan suren betina sedikit memudar, tidak seperti burung jantan yang hitam legam.

Ciri mudah yang bisa dilihat yaitu bagian-bagian tertentu pada burung betina lebih pendek dibandingkan dengan burung jantan, seperti pada paruh, ekor, dan kakinya. Warna kusam juga diidentikkan dengan burung jalan suren betina ini, karena warna putih pada wajah juga terlihat kusam. Kicauan sangat monoton dan gerakannya lambat. Itulah beberapa perbedaan jalak suren jantan dan betina yang bisa Anda jadikan rekomendasi ketika akan memilih burung jalak suren baik yang jantan ataupun betina.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan jalak suren jantan dan betina. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.