Mengulas Perbedaan Jalan dan Lari Secara Lebih Jelas

Perbedaan Jalan dan Lari - Membahas mengenai perbedaan jalan dan lari, masih banyak orang yang belum memahaminya dengan baik. Jika di tanya mengenai perbedaan dari jalan dan lari, banyak yang berpendapat bahwa jalan adalah langkah lambat dan lari adalah langkah cepat. Sesungguhnya, pandangan tersebut tidak salah, hanya saja kurang tepat jika digunakan. Jalan merupakan gerakan melangkahkan kaki yang bisa dilakukan ke semua arah, baik depan, kanan, kiri bahkan belakang. Gerakan jalan ini menggunakan tumpuan seluruh bagian dari kaki, kecepatan setiap langkahnya juga cukup konstan.

Sedangkan lari sendiri adalah gerakan yang dilakukan dengan menggunakan tumpuan ujung kaki bagian depan saja. Selain itu lari memiliki kecepatan melangkah yang lebih cepat dibandingkan dengan jalan. Akan tetapi bukan berarti jalan dan lari hanya dibedakan dari kecepatannya saja. Pada prinsipnya, gerakan yang sama dengan gerakan jalan namun memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan dengan jalan dinamakan sebagai jalan cepat. Jadi pada dasarnya, jalan dan lari bukanlah gerakan yang bisa disamakan dan dibedakan berdasarkan kecepatannya saja.

Yang membedakan antara jalan dan lari yaitu pada gerakan keseluruhan dari keduanya. Perhatikan gerakan antara jalan dan lari dengan seksama, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas. Ketika Anda berjalan, Anda akan menggerakkan kaki dimana selalu ada kontak antara kaki dan tanah yang dipijak. Berbeda dengan gerakan lari, meskipun sama-sama melangkahkan kaki namun ada kalanya kedua kaki tidak melakukan kontak dengan tanah. Meskipun hanya sesaat, ada kalanya tubuh melayang dan lalu kembali lagi kaki berpijak di tanah. Gerakan tersebut dilakukan secara berulang, hal itulah sebagai perbedaan jalan dan lari.

Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa jalan dan lari memiliki perbedaan pada gerakannya. Selain itu, gerakan jalan biasanya tidak akan membuat Anda harus menggerakkan seluruh badan Anda. Bahkan ketika Anda melakukan jalan cepat, mungkin Anda hanya akan menggerakkan kaki dan juga tangan Anda. Berbeda dengan lari, gerakannya akan membuat Anda harus menggerakkan seluruh badan. Seperti yang sudah dijelaskan, ada kalanya Anda melayang meskipun hanya sesaat. Ketika melayang tersebutlah, seluruh badan Anda bergerak lebih dari saat berjalan.

Itulah perbedaan dari jalan dan lari secara menyeluruh, semoga setelah membaca penjelasan tersebut Anda tidak bingung lagi untuk membedakannya. Membedakan lari dan jalan tidak cuma dari kecepatan gerakannya saja. Namun bukan berarti pendapat tersebut salah, hanya saja masih kurang tepat. Jalan dan lari sama-sama bisa dijadikan olahraga yang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun dilihat dari gerakan yang dilakukan, lari adalah olahraga yang bisa membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan jalan.

Sekian yang bisa di sampaikan mengenai perbedaan jalan dan lari. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima Kasih.